Rabu, 11 Juli 2018

Mengenal Perbedaan Linear, Relative, dan Constraint Layout


  1. Linear Layout

    LinearLayout adalah sebuah layout yang terstruktur, LinearLayout akan meletakan sebuah elmen yang ada di dalamnya secara berurutan tergantun pada orientasi yang di gunakan, misalnya jika sebuah orientasi yang di gunakan itu vertical, maka peletakan elmen akan terus berurut ke bawah. Sedangkan jika orientasinya horizontal maka peletakan elmen akan terus berurut ke samping.Linear Layout ini ada dua jenis . Yaitu :
    Vertical Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 widget (objek) per baris 
    Horizontal Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 objek per kolom 

    Contoh code Linear Layout horizontal :

    Nah dari code diatas akan tampil seperti Ini :


  2. Relative Layout

  3. RelativeLayout  adalah sebuah layout yang tergantung, maksudnya ialah RelativeLayout akan meletakkan sebuah elemen secara bebas, tidak berurutan , Peletakkanya berdasarkan ketergantungannya kepada yang lain misalnya kepada parent atau kepada elemen lainnya.








  4. Constraint layout 



  5. ConstraintLayout adalah kelas baru yang kuat, tujuan dari ConstraintLayout adalah untuk membantu mengurangi jumlah tampilan berlapis, yang akan meningkatkan kinerja file tata letak kita. Kelas tata letak juga memudahkan kita untuk menentukan tata letak daripada saat menggunakan RelativeLayout karena kita sekarang dapat menjangkar sisi mana pun dari tampilan dengan sisi lain mana pun, daripada harus menempatkan seluruh tampilan ke sisi lain.
    ConstraintLayout juga ada yang horizontal dan vertical

Tidak ada komentar:

Posting Komentar